Thursday, September 27, 2012

VNT-Variable Nozzle Turbo pada Toyota Fortuner

Apakah VNTurbo itu?

VNT-Variable Nozzle Turbo merupakan pengembangan dari turbocharger yang memperkaya jumlah oksigen yang masuk ruang bakar sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna. Komponen utama turbocharger adalah sebuah kompresor yang menyedot dan meniup udara ke ruang bakar. Turbocharger ini bekerja bersamaan dengan turbin karena memiliki poros yang sama, jika turbin berputar maka kompresor mengambil udara dari luar. Perlu diketahui bahwa turbin bergerak karena adanya aliran gas buang dari mesin. Turbin berada dalam rumah turbin yang dilengkapi dengan sudu-sudu elektrik(bergerak dengan bantuan motor listrik) dengan sudut pembuka yang tergantung dari beban mesin, rpm dan variabel lain.

Pada turbo biasa, proses kerja kompesor bisa bekerja efektif pada putaran tinggi saja. Berbeda dengan teknologi VNT dimana pada putaran rendah (saat tekanan gas buang masih lemah) sudu-sudu ditutup, gas buang mengalir di area sempit sehingga bisa memutar turbin secara efektif dan turbo bisa bekerja efektif pada putaran rendah sekalipun. Semakin tinggi putaran mesin maka sudu-sudu membuka lebih besar untuk menghindari rusaknya perangkat turbo karena tekanan gas yang berlebihan.

VNT-Variable Nozzle Turbo mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan. Produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3600rpm jadi 144ps/3400rpm. Torsi 26.5kgm/1600 - 2400 rpm meningkat menjadi 35kgm/1600-2800rpm.

Gas buang identik dengan panas, maka turbo juga identik dengan panas. Untuk mengurangi panas berlebihan Toyota Fortuner Diesel dilengkapi dengan intercooler diantara turbo dan intake manifold. Sumber pendingin utama adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT.

No comments:

Popular Posts

Modified Cars


PROMOTE YOUR BLOG! HERE..... Promote My Blog For Free Blog Boost with SEO! SEO Consulting You will need traffic generating... Link Bait Need help for search In-Search
JagoanStore
Online store in just click away
Program referal, afiliasi dan reseller (idcard jpg)
Global Promotion Alliance