Mesin variant DOHC |
VVT-i pada dasarnya merupakan sistem untuk mengatur kerja katup
secara elektronis dan seefisien mungkin. Mengoptimalkan torsi mesin pada
setiap kecepatan sehingga konsumsi BBM menjadi lebih efisien,
menurunkan tingkat emisi serendah mungkin. Sehingga tenaga yang
dihasilkan lebih besar walaupun kapasitas cc silinder mesin kecil.
Kedua variant ini tidak menggunakan teknologi VVT-i. Mesin 1KR-DE ini secara spesifik untuk pasar Indonesia. Mesin tersebut berkapasitas 989 cc berteknologi DOHC, dengan daya 65 PS pada 6.000 rpm dan torsi 85 Nm pada 3.600 rpm.
Sebagai compensasi penggunaan VVT-i, bobot mesin dibuat lebih ringan denngan menggunakan bahan alumunium yang diklaim pada dasarnya hanya berbobot 69 kg. Ditambah lagi dengan penggantian tutup silinder dari bahan aluminium menjadi resin plastik, bobot variant kedua mobil ini terpangkas 10kg lagi. Untuk mempertahankan tingkat presisi proses kerja mesin pada putaran tinggi di
Untuk 1KR-DE, bobotnya terpangkas lagi 10 kg karena tutup kepala silinder diganti dari aluminium menjadi berbahan resin-plastik.Mesin 1KR-DE juga mempertahankan tradisi penggunaan DOHC atau double overhead camshaft yang memakai dua noken as di kepala silinder. Sistem ini membuat proses kerja menjadi lebih presisi pada putaran tinggi. Bahkat berdasarkan keterangan Embay, mesin Agya - Ayla tersebut lebih besar dibanding MPV Daihatsu Xenia1.000 cc
No comments:
Post a Comment